Kamis, 12 November 2015

MOTOR TURBO PROPELLER (TURBO PROP)

Pesawat terbang yang ditenagai dengan motor turbo  prop saat ini mempunyai pasaran yang cukup luas, baik untuk keperluan penerbangan umum maupun untuk kepentingan perusahaan tertentu, hal ini dikarenakan sifat – sifatnya yang khusus.
 
Prinsip kerja dari motor turbo prop ini sama saja dengan motor turbo jet yaitu bahwa udara yang dimampatkan didalam kompresor masuk kedlam ruang bajar dan kemudian daibakar bersama bahan bakar yang disemprotkan sehingga menghasilkan gas hasil pembakaran dan selanjutnya melakukan ekspansi pada turbin. Untuk motor turbo prop ini pada umumnya diperlukan beberapa tingkat turbin agar energy dari gas panas yang melalui turbin ini dapat diserap lebih banyak untuk menggerakkn baling – baling. Dimana baling – baling diharapkan dapat menghasilkan kurang lebih 90% dari gaya dorong total, dan meninggalkan gas buang yang hanya akan menghasilkan 10% gaya dorong netto.
 
Dari segi tipe kompresor yang dipergunakan, maka motor turbo prop dibagi menjadi dua macam juga, yaitu:
1.   Motor turbo prop dengan kompresor centrifugal
2.   Motor turbo prop dengan kompresor axial


MOTOR TURBO PROP DENGAN KOMPRESOR CENTRIFUGAL
 
Pada umumnya pemakaian dari kompresor centrifugal dibatasi pada motor urbo prop ng ayanya kecil. Banyak sekali motor yang memakai kompresor centrifugal ini yang antara lain adalah :
  1. Motor turbo prop TPE 331, buatan Garreth Airsearch Manufacturing Company of Arizona USA.
  2. Motor turbo prop Roll Royce Dart mo/1.528 Inggris
Beberapa contoh daripada pesawat terbang yang memakai motorr turboprop TPE 331 ini adalah :
  1. CASA 212
  2. Rockwell Commander 690
  3. Short Brothers Skyvan
  4. Fairchild Porter

Motor turbo prop dengan kompresor centrifugal
 
Keterangan gambar : 
  1. Propeller
  2. Kopresor centrifugal
  3. Ruang bakar tipe annular
  4. Turbine tipe axial
Pesawat terbang CASA 212 Aviocar yang diproduksi oleh CASA spanyol mempergunakan motor TPE 331-2,-3,-5 dan -10, sedangkan motor turbo prop TPE 331 menggunakan pemasukan tunggal (single entry), dua tingkatkomprsor centrifugal, tiga tingkat turbin dan satu ruang bakar bentuk annular. kompresor dan turbin berputar pada poros yang sama.


MOTOR TURBO PROP DENGAN KOMPRESOR AXIAL

Prinsip kerja motor turbo prop dengan kompresor axial inin sama saja dengan motor turbo jet dengan kompresor axial. Bilamana perbandingan tekanan (pressure ratio) yang lebih tinggi diperlukan, misalnya diatas 15 : 1 maka kompresor dengan dua spool diperlukan, karena dengan satu spool sudah tidak efisien lagi. Motor turbo prop dengan kompresor axial dua spool, kompresor semacam ini dapat memberikanperbandingan tekanan yang lebih tinggi, sedangkan efisiensi dari kompresor tetap tinggi. Kenyataan menunjukkan bahwa untuk aliran massa udara dan perbandingan tekanan yang sama, kompresor axial dengan dua spool lebih ringan daripada kompresor dengan satu spool. Keuntungan lainnya adalah bahwa untuk system starternya lebih ringan karena yang diputarkan oleh starter adalah kompresor tekanan tinggi saja, sedangkan kompresor tekanan rendah akan berputar kemudian pada suatu putaran tertentu.
 
 
Motor turbo prop dengan komresor axial
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar