Pesawat terbang
yang ditenagai dengan motor turbo prop
saat ini mempunyai pasaran yang cukup luas, baik untuk keperluan penerbangan
umum maupun untuk kepentingan perusahaan tertentu, hal ini dikarenakan sifat –
sifatnya yang khusus.
Prinsip kerja dari
motor turbo prop ini sama saja dengan motor turbo jet yaitu bahwa udara yang
dimampatkan didalam kompresor masuk kedlam ruang bajar dan kemudian daibakar
bersama bahan bakar yang disemprotkan sehingga menghasilkan gas hasil
pembakaran dan selanjutnya melakukan ekspansi pada turbin. Untuk motor turbo
prop ini pada umumnya diperlukan beberapa tingkat turbin agar energy dari gas
panas yang melalui turbin ini dapat diserap lebih banyak untuk menggerakkn
baling – baling. Dimana baling – baling diharapkan dapat menghasilkan kurang
lebih 90% dari gaya dorong total, dan meninggalkan gas buang yang hanya akan
menghasilkan 10% gaya dorong netto.
Dari segi tipe
kompresor yang dipergunakan, maka motor turbo prop dibagi menjadi dua macam
juga, yaitu:
1. Motor turbo prop
dengan kompresor centrifugal
2. Motor turbo prop
dengan kompresor axial
MOTOR TURBO PROP DENGAN KOMPRESOR
CENTRIFUGAL
- Motor turbo prop TPE 331, buatan Garreth Airsearch Manufacturing Company of Arizona USA.
- Motor turbo prop Roll Royce Dart mo/1.528 Inggris
Beberapa contoh daripada pesawat terbang yang memakai motorr turboprop TPE 331 ini adalah :
- CASA 212
- Rockwell Commander 690
- Short Brothers Skyvan
- Fairchild Porter
Motor turbo prop dengan kompresor centrifugal
Keterangan gambar :
- Propeller
- Kopresor centrifugal
- Ruang bakar tipe annular
- Turbine tipe axial
Pesawat terbang CASA 212 Aviocar yang diproduksi oleh CASA spanyol mempergunakan motor TPE 331-2,-3,-5 dan -10, sedangkan motor turbo prop TPE 331 menggunakan pemasukan tunggal (single entry), dua tingkatkomprsor centrifugal, tiga tingkat turbin dan satu ruang bakar bentuk annular. kompresor dan turbin berputar pada poros yang sama.
MOTOR TURBO PROP DENGAN KOMPRESOR AXIAL
Prinsip kerja motor turbo prop dengan kompresor axial inin sama saja dengan motor turbo jet dengan kompresor axial. Bilamana perbandingan tekanan (pressure ratio) yang lebih tinggi diperlukan, misalnya diatas 15 : 1 maka kompresor dengan dua spool diperlukan, karena dengan satu spool sudah tidak efisien lagi. Motor turbo prop dengan kompresor axial dua spool, kompresor semacam ini dapat memberikanperbandingan tekanan yang lebih tinggi, sedangkan efisiensi dari kompresor tetap tinggi. Kenyataan menunjukkan bahwa untuk aliran massa udara dan perbandingan tekanan yang sama, kompresor axial dengan dua spool lebih ringan daripada kompresor dengan satu spool. Keuntungan lainnya adalah bahwa untuk system starternya lebih ringan karena yang diputarkan oleh starter adalah kompresor tekanan tinggi saja, sedangkan kompresor tekanan rendah akan berputar kemudian pada suatu putaran tertentu.
Motor turbo prop dengan komresor axial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar