Rabu, 11 November 2015

MOTOR TURBO JET

 Pada umumnya motor turbin gas mempunyai bagian – bagian utama sebagai berikut :

a.   Bagian pemasukan udara (air intake / air inlet duct)

b.   Kompresor

c.   Ruang bakar

d.   Turbin

e.   Saluran gas buang (exhaust duct)

f.    Alat – alat bantu (accessories)

g.   Sistem – system :

·         Sistem starting

·         Sistem bahan bakar

·         Sistem pelumasan

·         Sistem anti es

·         Sistem pendinginan, dll.


turbo jet single entry stage centrifugal kompresor dan double entry single stage centrifugal kompresor


Keterangan gambar:

1.   Aksosoris

2.   Saluran udara masuk

3.   Kompresor

4.   Pipa bahan bakar

5.   Alat penyala

6.   Ruang bakar

7.   Sudut pengarah

8.   Sudu turbin

9.   Roda turbin

10   Kipas pendingin
 
11. Energi panas
           
Bagian – bagian yang utama ini pada semua motor turbingas pada dasarnya adalah sama, hanya kadang – kadang nama dari bagian atau komponen agak berbeda karena adanya perbedaan terminology dari masing – masing pembuat / pabrik motor tersebut.
 
Factor terbesar yang mempengaruhi bentuk konstruksi dari setiap motor turbin gas adalah tipe dari kompresor yang digunakan, yang ditentukan pada saat perencanaan.
 
Dari segi tipe kompresor yang digunakan tersebut, maka motor turbin jet ini dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1.   Motor turbo jet denga kompresor centrifugal

2.   Motor turbo jet dengan kompresor axial


1.   MOTOR TURBO JET DENGAN KOMPRESOR CENTRIFUGAL

Suatu motor turbo jet denga kompresor centrifugal dapat dilihat pada gambar. Sesuai dengan namanya motor ini mempergunakan kompresor centrifugal, yang berarti bahwa udara dimampatkan dengan gaya centrifugal.
 
Pemasukan udara (air intake) adalah merupakan saluran udara menuju ke kompresor. Yang direncanakan sedemikian rupa sehingga udara yang diperlukan untuk motor dapat terpenuhi dalam semua kondisi penerbangan yang diinginkan. Setiap penyumbatan atau kerusakan pada saluran ini akan sangat mempengaruhi preatasi / kemampuan motor tersebut. Udara masuk dekat titik tengah impeller dari kompresor, kemudianudara tadi dilemparkan keluar menuju alat difusi (diffuser) begitu kompresor mulai berputar. Kompresor direncanakan dan dibuat secara tepat dan dengan kesetimbangan yang sangat baik (balanced).
 
Alat difusi (diffuser) merubah energy kinetis udara yang meninggalkan kompresor menjadi energy potensial (tekanan) dengan cara merubah kecepatan menjadi tekanan.udara yang telah mempunyai energy potensial tadi dimasukkan kedalam ruang pembakaran, dimana didalam ruang bakar juga disemprotkan bahan bakar melalui nosel bahan bakar, sehingga terjadilah penyalaan yang terus – menerus. Kecepatan yang tinggi dari gas hasil pembakaran memasuki suatu nosel yang mengarahkan aliran gas itu sedemikian rupa sehingga roda turbin berputar dengan cepat sekali dank arena roda turbin mempunya posos yang sama dengan kompresor maka kompresor juga turut berputar bilamana roda turbin berputar. Secara singkat cara kerjanya adalah, mula – mula motor starter menggerakkan kompresor dengan sendirinya turbin juga ikut berputar.
 
Setelah kompresor mempunyai kecepatan yang cukup untuk memberikan voleme udara yang memadai ke dalam ruang bakar maka bahan bakar disemprotkan melalui nosel bahan bakar dan kemudian dinyalakan oleh alat penyala (igniter plug). Alat penyala ini hanya dipergunakan pada waktu penyalaan mula saja, selanjutnya bahan bakar dan udara didalam ruang bakar akan menyala secara terus – menerus.
 
Motor jet pada kenyataannya hanya membakar sebagian kecil saja dari udara yang diberikan oleh kompresor. Aliran udara dengan volume yang cukup besar mengalir sekitar dan diluar nyala api dan berfungsi untuk menyempurnakan proses pembakaran dalam waktu yang sesingkat – singkatnya, mendinginkan bagian – bagian ruang bakar serta mengusahakan distribusi temperature gas pembakaran keluar ruang bakar yang homogeny, sehingga sudu - sudu turbin tidak dikenai oleh tegangan thermal yang berarti.
 
Motor turbo jet dengan kompresor centrifugal
 


2. MOTOR TURBO JET DENGAN KOMPRESOR AXIAL


Pada motor turbo jet yang mempergunakan kompresor axial, udara mengalir secara aksial yaitu kira – kira lurus atau sejajar dengan sumbu dari motor tersebut. Bentuk dari motor tersebut agak panjang bila dibandingkan dengan motor turbo jet yang memakai kompresor centrifugal. Pada gambar 9 nampak komprespr axial beberapa tingkat. Prinsip kerja dari motor turbo jet dengan kompresor axial ini sama saja dengan motor turbo jet dengan  kompresor centrifugal namun motor turbi jet dengan  aliran azail ini mempunyai beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan motor turbo jet dengan aliran radial (centrifugal), yang antara lain :
a.   Udara mengalir dengan jalan yang hampir lurus melalui motor, sehingga energy yang hilaang untuk merubah arah aliran akan berkurang
b.   Perbandingan tekanan udara sesudah keluar kompresor dengan sebelum kompresor (perrure ratio) akan lebih besar, karena kompresor dapat dibuat bertingkat banyak sesuai dengan kehendak para perencananya.
c.   Penampang dari motor dapat dibuat lebih kecil, untuk kebutuhan volume udara yang sama. Disini starter dihubungkan dengan kompresor tekanan tinggi, tujuannya adalah untuk memperoleh beban yang ringan pada waktu start.
 
Motor turbo jet dengan kompresor axial ganda
 
 
 
 
 


 
 

1 komentar: