a. Bagian pemasukan
udara (air intake / air inlet duct)
b. Kompresor
c. Ruang bakar
d. Turbin
e. Saluran gas buang
(exhaust duct)
f. Alat – alat bantu
(accessories)
g. Sistem – system :
·
Sistem
starting
·
Sistem
bahan bakar
·
Sistem
pelumasan
·
Sistem
anti es
·
Sistem
pendinginan, dll.
turbo jet single entry stage centrifugal kompresor dan
double entry single stage centrifugal kompresor
Keterangan gambar:
1. Aksosoris
2. Saluran udara masuk
3. Kompresor
4. Pipa bahan bakar
5. Alat penyala
6. Ruang bakar
7. Sudut pengarah
8. Sudu turbin
9. Roda turbin
10
Kipas
pendingin
11. Energi panas
Bagian – bagian
yang utama ini pada semua motor turbingas pada dasarnya adalah sama, hanya
kadang – kadang nama dari bagian atau komponen agak berbeda karena adanya
perbedaan terminology dari masing – masing pembuat / pabrik motor tersebut.
Factor terbesar
yang mempengaruhi bentuk konstruksi dari setiap motor turbin gas adalah tipe
dari kompresor yang digunakan, yang ditentukan pada saat perencanaan.
Dari segi tipe
kompresor yang digunakan tersebut, maka motor turbin jet ini dibagi menjadi dua
macam, yaitu :
1. Motor turbo jet
denga kompresor centrifugal
2. Motor turbo jet
dengan kompresor axial
1. MOTOR TURBO JET DENGAN KOMPRESOR CENTRIFUGAL
Suatu
motor turbo jet denga kompresor centrifugal dapat dilihat pada gambar. Sesuai
dengan namanya motor ini mempergunakan kompresor centrifugal, yang berarti
bahwa udara dimampatkan dengan gaya centrifugal.
Pemasukan
udara (air intake) adalah merupakan saluran udara menuju ke kompresor. Yang
direncanakan sedemikian rupa sehingga udara yang diperlukan untuk motor dapat
terpenuhi dalam semua kondisi penerbangan yang diinginkan. Setiap penyumbatan
atau kerusakan pada saluran ini akan sangat mempengaruhi preatasi / kemampuan
motor tersebut. Udara masuk dekat titik tengah impeller dari kompresor,
kemudianudara tadi dilemparkan keluar menuju alat difusi (diffuser) begitu
kompresor mulai berputar. Kompresor direncanakan dan dibuat secara tepat dan
dengan kesetimbangan yang sangat baik (balanced).
Alat
difusi (diffuser) merubah energy kinetis udara yang meninggalkan kompresor
menjadi energy potensial (tekanan) dengan cara merubah kecepatan menjadi
tekanan.udara yang telah mempunyai energy potensial tadi dimasukkan kedalam
ruang pembakaran, dimana didalam ruang bakar juga disemprotkan bahan bakar
melalui nosel bahan bakar, sehingga terjadilah penyalaan yang terus – menerus.
Kecepatan yang tinggi dari gas hasil pembakaran memasuki suatu nosel yang
mengarahkan aliran gas itu sedemikian rupa sehingga roda turbin berputar dengan
cepat sekali dank arena roda turbin mempunya posos yang sama dengan kompresor
maka kompresor juga turut berputar bilamana roda turbin berputar. Secara
singkat cara kerjanya adalah, mula – mula motor starter menggerakkan kompresor
dengan sendirinya turbin juga ikut berputar.
Setelah
kompresor mempunyai kecepatan yang cukup untuk memberikan voleme udara yang
memadai ke dalam ruang bakar maka bahan bakar disemprotkan melalui nosel bahan
bakar dan kemudian dinyalakan oleh alat penyala (igniter plug). Alat penyala
ini hanya dipergunakan pada waktu penyalaan mula saja, selanjutnya bahan bakar
dan udara didalam ruang bakar akan menyala secara terus – menerus.
Motor
jet pada kenyataannya hanya membakar sebagian kecil saja dari udara yang diberikan
oleh kompresor. Aliran udara dengan volume yang cukup besar mengalir sekitar
dan diluar nyala api dan berfungsi untuk menyempurnakan proses pembakaran dalam
waktu yang sesingkat – singkatnya, mendinginkan bagian – bagian ruang bakar
serta mengusahakan distribusi temperature gas pembakaran keluar ruang bakar yang homogeny, sehingga sudu - sudu turbin tidak dikenai oleh tegangan thermal yang berarti.
Motor turbo jet dengan kompresor centrifugal
2. MOTOR TURBO JET DENGAN KOMPRESOR AXIAL
Pada
motor turbo jet yang mempergunakan kompresor axial, udara mengalir secara
aksial yaitu kira – kira lurus atau sejajar dengan sumbu dari motor tersebut.
Bentuk dari motor tersebut agak panjang bila dibandingkan dengan motor turbo
jet yang memakai kompresor centrifugal. Pada gambar 9 nampak komprespr axial
beberapa tingkat. Prinsip kerja dari motor turbo jet dengan kompresor axial ini
sama saja dengan motor turbo jet dengan
kompresor centrifugal namun motor turbi jet dengan aliran azail ini mempunyai beberapa
keuntungan bila dibandingkan dengan motor turbo jet dengan aliran radial
(centrifugal), yang antara lain :
a. Udara mengalir
dengan jalan yang hampir lurus melalui motor, sehingga energy yang hilaang
untuk merubah arah aliran akan berkurang
b. Perbandingan
tekanan udara sesudah keluar kompresor dengan sebelum kompresor (perrure ratio)
akan lebih besar, karena kompresor dapat dibuat bertingkat banyak sesuai dengan
kehendak para perencananya.
c. Penampang dari
motor dapat dibuat lebih kecil, untuk kebutuhan volume udara yang sama. Disini
starter dihubungkan dengan kompresor tekanan tinggi, tujuannya adalah untuk
memperoleh beban yang ringan pada waktu start.
Motor turbo jet dengan kompresor axial ganda
Agen Slot
BalasHapusPanduan Judi Onlie
LK21